? ??????????????????? ????Easy Install Instructions:???1. Copy the Code??2. Log in to your Blogger account
and go to "Manage Layout" from the Blogger Dashboard??3. Click on the "Edit HTML" tab.??4. Delete the code already in the "Edit Template" box and paste the new code in.??5. Click "S BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS ?

Senin, 18 Mei 2009

NUANSA DI KERETA API

Ga disangka,niat awal gw mw jalan-jalan sekalian melepas rindu yang terpendam gw sama temen gw ..GOMES(bukan..bukan berarti dia pacar gw ya)..,bisa jadi pelajaran hidup gw yang bermanfaat bgd..

Huff...jam 11 siang di kota yang tidak bisa disebut kota,matahari seakan berkata..

"hahaha...matilah kau nak...matilah kau..!!!"..sumpah panas abis..

janjian sama gomes itu berarti itu udah dihitung ngaretnya..contoh,"mes, besok pergi jam berapa??"..suara merdu gw di sms (loh mang ada suara y)..

"jam 10 aja dil"..suara gomes di sms juga..

Nah gw bisa narik kesimpulan..berarti kita pergi jam 1 siang...gampang kan??

Singkatnya..gw mau ke Blok M..beliin titipan temen sama jalan-jalan..gw sama gomes uda di stasiun rawabuntu..dua sejoli itu melepas penat di gw gatau itu bisa di sebut peron apa ga..tapi kayaknya si peron..kita berdua habis saling menghibur diri..kenapa?lagi-lagi kejadian miris..ketinggalan kereta di depan mata...depan mata..!!!...sumpah jahat bgd ..knapa tuh kereta ga milih menghilang pas gw nyampe..atau apalah..tapi depan mata..!!gw ga bisa terima..

Yahh...akhirnya setelah gw berdua saling menghibur..

"sabar dil, kereta itu mang dari dulu begitu..dia egois..dia ga mentingin perasaan kita"..hibur ivel..

Gw bangkit...

Nah..KRL yang ditunggu-tunggu datang..sempat terlihat segelintir orang ada yang menitikkan air mata,ada yang bersujud diatas rel,ada yang berpelukkan..pokoknya suasana di stasiun mengharu-biru..gw langsung duduk di tempat favorit gomes..di pinggir deket pintu..sambil bercengkrama,gw liat pemandangan yang...yahhh ga bisa dibilang indah si..tragis lebih tepatnya..gw berdua tersentuh..(bukan bersentuhan)..ada banyak para pejuang-pejuang hidup yang berjuang keras di kerasnya kehidupan kereta api...ini yang menginspirasikan gw bikin notes ini..nih salah satunya..

ABANG-ABANG PENJUAL KACANG+PERMEN JAHE..
modus operandi yang dia lakukan..orang-orang dari satu gerbong dia bagikan satu-persatu..gw juga dikasi sebungkus..sambil memperhatikan merk dan tanggal produksi...nihil..gw ga nemu..gw diceritain gomes, katanya konon ada anak sma lagi tidur juga dikasi sebungkus sama abang-abangnya..nah pas bangun,dia ga sadar kalo kacangnya jatoh..buyarlah semua isinya..dan dari jauh,seakan ada sinyal yang sangat kuat,abangnya dengan mata liar langsung mendatangi TKP dalam sepersekiandetik.."ehhhhmmm..."..kata abangnya sambil menengadahkan tangan di depan muka anak SMA malang tersebut..terpaksa anak itu mengganti rugi..tidak ada yang salah dari cerita diatas,sebenarnya sangat ironis sekali hidup abang-abang itu..bayangkan,demi mengais seribu rupiah..dia bagikan barang dagangannya ke semua penumpang di kereta api..gw perhatiin,di gerbong gw..ga ada satupun yang beli..wajar dia senang ada kasus seperti anak SMA tadi..

IBU-IBU PENJUAL BUKU..
modus operandi yang dia lakukan sama seperti abang-abang penjual kacang tadi..atau lebih tepatnya,memang kebanyakan para pejuang-pejuang hidup itu melakukan cara yang sama..buku-buku yang dibagikannya beragam..buku tentang kehidupan rumah tangga,pelajaran,bacaan sholat,kumpulan kisah-kisah para nabi,kumpulan kisah-kisah para pecundang (ga ada,gw bo'ong)..nah pas gw dapetnya,RESEP OBAT MUJARAB..gw buka-buka halamannya..ada resep buat flu,sakit perut,demam,batuk,kencing bernanah,IP kecil,banyaklah...eh,pas gw baca halaman terakhir dengan judul..MEMPERTAHANKAN KEHARMONISAN RUMAH TANGGA..disana ada resep obat kuat tanpa efek kehamilan.,gw kasi tw gomes..dengan mata binalnya dan dengan khilaf dia berkoar.."dil..catet yar..catet..!!!"..kata gomes liar..baru aja gw mw ngeluarin pulpen,si ibu-ibu tadi dengan bengisnya merampas buku tersebut..yah,apa boleh buat..resiko orang ga beli..terlihat gambaran muka temen gw..yang seakan-akan dirobek-robek oleh si ibu-ibu tadi.."obat kuat...obat ku..kuu..kuat"..tersendu-sendu dia meratap..

BADUT AKROBATIK..
ga tau gw,kenapa dia menamakan dirinya seperti itu..sepenglihatan gw,dia ga salto,ga ngelipet tubuhatau berdiri diatas kedua telinga,atau akrobat-akrobat apalah..dia cuma main bola tangan,sulap kecil,sama mainin mangkok..Di sela-sela pamer ketangkasan dia,juga diselingi dengan nyanyian-nyayian yang mungkin aransemen dia sendiri.."hei..hei..marilah melihat..ada om badut..badut akrobatik."..segelintir liriknya..untung gw masi inget..hampir gw mau nyari liriknya di www.lyricmania.com...walaupun dari luarnya,dia terus tersenyum..tapi gw bisa tau..guratan keperihan mukanya..nyari duit itu ga segampang yang kita pikir...

BAPAK-BAPAK PENJUAL KUPLUK..
melakukan hal lazim dalam menjajakan barangnya(barang dagangannya loh)..tapi dengan cara yang agak kurang sopan..melempar satu atau dua kupluknya kepada calon pembeli..mana kupluknya bau minyak tanah lagi..gw pesimis ada yang mw beli..namun dasarnya rejeki..ada seorang pemuda yang membeli juga kupluk itu..gw bisa bayangin perasaan lega bapak-bapak itu..

SEKAWANAN PENGAMEN MELAYU..
dandanan trend ala band-band yang menjamur sekarang..rambut polem,celana nyetrit,baju ketat,tindik dimana-mana,dan masih banyak aksesoris-aksesoris lainnya yang mereka hamburkan (mendingan buat makan)..mereka mulai beraksi..jreng..intro dimulai..tidaaaaaaaaakkkkk gw kenal lagu ini..yap..lagu Hijau Daun yang merebak diseluruh penjuru nusantara mulai dinyanyikan..suara pas-pasan dan cengkok yang dibuat-buat,tidak menghalangi mereka untuk terus bekarya di gerbong ini..satu lagu selesai,lanjut lagi ke lagu yang lain..akhirnya setelah mereka sadar,baru deh mulai mengais rupiah ke semua penumpang..kira-kira mereka dapet 3500 rupiah,gw perhatiin soalnya..uang yang ga segitu banyak,paling abis buat rokok..yahh tapi biar gimana juga,mereka ga kenal nyerah..fuuuhhh...gila,gw salut sama mereka..

ANAK KECIL PENYAPU GERBONG..
bukan sapu yang jadi modalnya,melainkan sendal..bayangin nyapu segitu banyak gerbong cuma pake sendal..kemungkinan sampahnya dibawa sampe ujung,trus disapu lagi..begitu seterusnya..kasian..ade gw yang sekecil gitu,lagi enak-enakan sekolah,main ma temennya,pulang sekolah tinggal makan,dimanja semua orang..tapi anak kecil itu..coba dia bisa memilih..tapi hidup itu bukan memilih,hidup itu pilihan..

PENGEMIS..
kondisi fisiknya yang mengalami kekurangan..tidak membuat da gentar dalam menghadapi kerasnya hidup..langkahnya yang menyeret-nyeret dari gerbong satu ke gerbong lain mengundang iba para penumpang lainnya..gw paling iba waktu ngeliat dia dikasi jeruk sama temennya,tapi karena tangan kirinya sakit atau apa,dia ambil jeruk itu lewat tangan kanannya..bayangin,tangan kanan yang buat tumpuan dia jalan,dipake makan..gw ga bisa bayangin klo tiap hari dia makan dengan cara gitu..miris..masih banyak lagi contoh-contoh pejuang-pejuang hidup di kereta jurusan serpong-tanah abang tersebut..ada mas-mas penjuak pulpen parker abal,abang-abang penjual lem tikus,abang-abang tahu sumedang,penjual kerupuk kulit..dll..

kereta gw uda masuk pondok ranji...satu stasiun lagi nyampe..gw ma gomes masih ngebahas orang-orang hebat diatas.."emang gitu yar klo nyari duit"..kata gomes yangngeliat pemandangan tadi..

kadang untuk menyadarkan kita atau memberi inspirasi untuk terus selalu berjuang itu datengnya ga dari atas..tapi dari orang-orang hebat tadi..janganlah malu untuk melihat ke bawah..justru orang-orang seperti itu,derajatnya bisa jauh diatas kita..

psssssssssssssssss......suara kereta gw pas nyampe stasiun kebayoran..

gw ma gomes,kembali ke tujuan semula...ke Blok M..




nb: bukan berarti orang-orang yang gw ceritain itu jadi bahan lelucon atau apa...gw ga maksud..gw cuma mw berbagi ke semua temen gw,..




special thanks for my brother

karena berkat bantuannya gw bisa nulis pengalaman gw ini (walaupun akhirnya maksa gw biar namanya ikut-ikutan disebut).

0 komentar: